oleh

Penumpang di Bandara Trunojoyo Merosot

Sumenep, seputarjatim.com- Jumlah penumpang angkutan udara di Bandara Trunojoyo, Kota Sumenep, Jawa Timur, terus merosot dalam sebulan terakhir. Hal ini berdampak pada pengurangan jadwal penerbangan di Bandara satu-satunya di Pulau Madura itu.

Indra Triyantono, Kepala Bandara Trunojoyo Sumenep, mengungkapkan berkurangnya jumlah pengguna jasa angkutan udara ini tidak hanya terjadi di Sumenep. “Di bandara lain juga begitu, ada penurunan penumpang pesawat. Ya mungkin karena sekarang pemerintah sudah memberikan alternatif moda transportasi lain, termasuk pembangunan jalan tol di berbagai daerah,” terang Indra, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu, 10/07/2019.

Menurut Indra, pekan lalu sempat terjadi penundaan penerbangan, karena jumlah calon penumpang kurang dari standar minimum yang ditetapkan maskapai. “Namanya operator kan wajar jika menunda penerbangan. Kalau penumpangnya dibawah 20 orang kemungkinan besar ya ditunda. Masa mau berangkat? Kan rugi nanti pesawatnya,” tandasnya.

Terpisah, Sustono, Kepala Dinas Perhubungan Sumenep, mengaku telah mendengar kabar merosotnya jumlah penumpang di Bandara Trunojoyo itu. Pihaknya sudah berupaya untuk mempromosikan armada angkutan udara itu ke masyarakat luas.

“Ya di semua lapisan masyarakat sudah kita promosikan tentang pesawat ini,” jelas Sustono.

Walaupun terjadi penurunan jumlah penumpang, Sustono menjamin bila penerbangan komersial di Bandara Trunojoyo itu tidak akan ditutup pemerintah pusat.

“Walaupun sepi, gak akan ditutup. Ijin operasional Bandara yang komersial ini ya akan terus berlanjut. Ini kan program berkelanjutan pemerintah pusat,” jelas Sustono.

Petugas Bandara Trunojoyo memberikan catatan khusus tentang cara pembelian tiket pesawat. Menurut petugas, mayoritas calon penumpang pesawat membeli tiket secara langsung sebelum terbang.

“Masyarakat mungkin belum tahu, kalau tiket pesawat di Sumenep itu bisa dibeli secara online,” pungkas Indra Triyantono. (dik/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *