NewsPolitikWisata

Perkuat Perekonomian Desa Melalui Wisata, Ketua AKD Apresiasi Pemdes Pagarbatu

425
×

Perkuat Perekonomian Desa Melalui Wisata, Ketua AKD Apresiasi Pemdes Pagarbatu

Sebarkan artikel ini
Ketua AKD Miskun Legiyono (blangkon merah) didampingi Kepala Desa pagarbatu di wisata boekit tawap lengleng
Foto:Ketua AKD Miskun Legiyono (blangkon merah) didampingi Kepala Desa pagarbatu di wisata boekit tawap lengleng

SUMENEP, seputarjatim.com–Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Sumenep, Madura, Miskun Legiyono mengapresiasi Pemerintah Desa Pagarbatu yang sukses membangun desa melalui destinasi wisata yang diberi nama boekit tawap lengleng.

Hal tersebut diungkapkan yon sapaan akrab Miskun Legiyono ketika mendampingi artis jebolan dangdut academy Irwan Krisdyanto, dalam acara Gebyar semarak Pagarbatu EMAS (Elok Maju Mandiri dan Sejahtera) di wisata boekit tawap lengleng desa setempat.

“Saya salut kepada Pemdes Pagarbatu, dengan menciptakan pembangunan wisata Bukit Tawap,  ini luar biasa,” ujarnya.

Di era serba digital saat ini Ia mengajak semua Kepala Desa se Kabupaten Sumenep untuk melek terhadap potensi desa, salah satunya membangun wisata seperti ini melalui BUMDes.

Baca Juga :  Gus-Gus Nusantara Ganjar Rayakan HUT RI dengan Potong Kue dan Doa Bersama

Lanjut yon,dengan adanya BUMDes secara tidak langsung akan memperkuat pemerintahan Desa baik dari segi perekonomian ataupun yang lainnya.

“Saya lihat potensi peningkatan ekonomi berbasis lokal desa cukup prospektif untuk perluasan lapangan kerja serta kesejahteraan masyarakat desa, dan ini harus dijadikan peluang oleh teman-teman kepala desa,” Terangnya.

Ditempat yang sama, kepala desa pagarbatu mengungkapkan, Destinasi wisata yang berjarak kurang lebih 20 kilometer dari pusat kota Sumenep tersebut sukses dibangun dari swadaya warga setempat bekerja sama dengan pokdarwis dan BUMDes pagarbatu.

“Pembangunan wisata bukit tawap lengleng ini berdasarkan simpanan warga dengan cara menabung setiap bulan Rp 200.000 atau Rp 2,4 juta dalam setahun, sampai saat ini total sudah ada 698 penabung,” Jelas Imam Daud, kepala desa pagarbatu.

Baca Juga :  Waspada Puting Beliung

Masih kata imam, nantinya kepada warga  yang menyumbang dengan cara menabung akan mendapatkan bagi hasil setiap bulannya, terkait besarannya tergantung dari pendapatan dari wisata bukit tawap tersebut.

“Saat ini sudah diberikan dari bagi hasil tersebut selama dua bulan, Mudah-mudahan kedepan boekit tawap ini ramai dari pengunjung agar dapat menambah nilai ekonomis bagi masyarakat setempat dan mempunyai nilai tambah dalam mengelola aset desa sehingga cita-cita menjadi desa yang mandiri dapat terwujud,” Pungkasnya. (Bam)

Tinggalkan Balasan