Proyek Paving dan Irigasi di Desa Kacongan Tak Bertahan Lama, Ini Penjelasan Pendamping

SUMENEP, seputarjatim.com–Pendamping lokal Desa Kacongan, Kecamatan Kota Sumenep mengaku tidak tahu terkait kerusakan pekerjaan irigasi yang ada di desa tersebut.

Pekerjaan yang menggunakan anggaran dana desa tersebut hancur berantakan, meskipun pekerjaannya masih baru seumur jagung selesai dikerjakan.

“Saya baru tau itu mas. Dan belum ngecek ke lokasi. Kemaren-kemaren ada juga kerusakan tapi sudah di betulkan karena   ada mobil yang masuk kesana. Bawa bahan-bahan. Untuk yang ini saya juga belum tau dan belum dikabari. Karena dari kemaren kita fokus percepatan APBDes untuk 2023. Kebetulan saya juga pegang 4 Desa mas,” ucap Fadli pendamping lokal desa Kacongan saat di konfirmasi via WhatsAap nya. Rabu (21-12-2022).

Saat disinggung pekerjaan yang diduga asal-asalan dan disinyalir tidak sesuai RAB sehingga menyebabkan kerusakan yang cukup parah, Fadli mengutarakan bahwa Tidak ada pendamping yang akan mengintruksikan untuk memakai bahan selain yang ada di RAB.

Baca Juga :  Pleci, Burung Berkacamata

“Pendamping kecamatan juga menyampaikan hal yang sama,” terangnya.

IMG 20221219 WA0040 1

Fadli menambahkan, tugas pendamping hanya melakukan teguran kalau tidak sesuai dengan RAB. wewenang pendamping hanya sebatas  menegur, menyampaikan, dan mendampingi tidak dapat melakukan tindakan lain.

“Jadi sebatas teguran, tidak bisa menghentikan pekerjaan yang tidak sesuai dengan RAB,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Kota Sumenep Faruk Hanafi saat mau dikonfirmasi di tempat kerjanya sedang tidak berada di tempat.

Baca Juga :  Hari Jadi Ke-754, Kadis DLH: Momentum Kebangkitan Sumenep

Camat yang baru mendapatkan predikat sebagai camat teladan 2022 ini tidak diketahui pasti kemana perginya, ditunggu sampai pukul 16.00 Wib, Faruk Hanafi juga belum ada tanda-tanda akan kembali ke tempat kerjanya.

“Tadi pagi pak camat ada, bahkan turlap ke Desa Kacongan, kalau sekarang gak tahu kemana,” ucap salah satu pegawai kecamatan Kota Sumenep kepada awak media saat ditanya kemana perginya pak camat faruk ini.

Kades Kacongan, Ma’adin saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pekerjaan yang rusak tersebut sudah selesai dikerjakan.

“Sudah dikerjakan, saya yang memperbaiki,” Jelasnya.

Namun saat disinggung dapat anggaran dari mana untuk perbaikan tersebut, lagi-lagi konfirmasi dari awak media tidak direspon oleh kades tersebut. (Bam)

Komentar