PT Gudang Garam: Ayo Menanam Bambu!

NASIONAL, WISATA133 Dilihat

KEDIRI, seputarjatim.com- Bambu menjadi tanaman yang memiliki ragam manfaat, termasuk untuk menjaga kelestarian lingkungan. Semangat ini yang mendasari PT Gudang Garam Tbk, Kediri, dalam mengkampanyekan penanaman bambu di wilayah Kabupaten Kediri sejak tahun 2016 silam.

“Bambu merupakan tanaman konservasi dengan kemampuannya menjaga Ekositem air. Sistem perakaran bambu yang sangat rapat dan menyebar ke segala arah mampu menahan tanah dari Erosi,” terang Iwhan Tri Cahyono, Kabid Humas PT Gudang Garam Tbk, Kediri, Minggu, 03/11/2019.

Saat ini menurut Iwhan, PT Gudang Garam Tbk Kediri terus melakukan upaya penanaman bambu di sejumlah lokasi di Kabupaten Kediri.

“Dimulai dari penanaman 15.600 bibit bambu di lahan seluas 100 hektar di Desa Tarokan, Kabupaten Kediri. Kita juga menanam di Kecamatan Banyakan, dan Kecamatan Mojo di Lereng kaki Gunung Wilis. Ini upaya PT Gudang Garam Tbk Kediri untuk ikut menjaga alam Kediri,” imbuh pria penghobi motor trail ini.

Gerakan sadar lingkungan juga disosialisasikan PT Gudang Garam Tbk Kediri, dengan cara menjalin komunikasi intens dengan berbagai kalangan. Selain tokoh pemuda dan masyarakat, menurut Iwhan pihaknya juga mengajak seluruh Jurnalis yang bertugas di Kabupaten Kediri untuk mengikuti studi tour ke Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

“Kita berencana untuk mendatangkan petani bambu yang ada di Bandung, Jawa Barat, untuk mengajari warga Kediri cara menanam bambu yang efektif dan pemanfaatannya,” pungkas Iwhan. (nug/red)

Komentar