Sambut Pra Musyda Ke 14, PDPM Sumenep Gelar Seminar Kepemudaan

News, Politik651 Dilihat

SUMENEP, seputarjatim.com-Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar seminar kepemudaan dengan tema “Bangkitkan Pemuda Madura Untuk Indonesia”.

Acara yang diselenggarakan di gedung dakwah Muhammadiyah tersebut dihadiri langsung oleh Najih Prasetyo selaku Sekjen PP Muhammadiyah dan Annisa Zhafarina Qosasi.,,S,E. M.M. sebagai pembicara dalam seminar yang dihadiri ratusan Pemuda Muhammadiyah Sumenep ini.

Hamdan, S. THi selaku ketua PDPM Sumenep dalam sambutannya mengatakan, Rekam sejarah Indonesia telah mencatat bahwa peran strategis anak muda dalam menentukan kemana bangsa ini akan dibawa.

IMG 20230521 WA0147

Oleh karena itu, pemahaman serta ilmu yang sangat memadai penting untuk dimiliki oleh pemuda madura khususnya untuk mengawal pembangunan bangsa di masa yang akan datang.

“Memasuki era revolusi 4.0 dan society 5.0 generasi milenial akan menghadapi tantangan yang tidak mudah karena cepatnya perkembangan teknologi-informasi telah ‘memaksa’ mereka untuk bersikap adaptif, kritis, observatif, luwes, dan visioner agar mampu bertahan dalam konteks persaingan global,”ucapnya.

Baca Juga :  Dua Desa Binaan DLH Sumenep Sabet Penghargaan Dari Gubernur Jatim

Untuk itu Hamdan berpesan agar pemuda madura khususunya untuk dan selalu menumbuhkan nasionalisme, kecintaan terhadap tanah air, membangun toleransi terhadap keberagaman, serta menumbuhkan sikap humanis sehingga pemuda dengan segala potensi yang dimilikinya dapat berkontribusi menjaga dan membawa Indonesia ke arah yang lebih baik di masa depan.

Sementara itu, Mengawali materinya, Annisa Zhafarina Qosasi mengatakan bahwa, Peran pemuda adalah sebagai agent of change memiliki peranan untuk menjadi faktor terpenting dari kemajuan sebuah bangsa.

Peran aktif pemuda sebagai kontrol sosial diwujudkan dengan memperkuat wawasan kebangsaan, membangkitkan kesadaran atas tanggungjawab, hak, dan kewajiban sebagai warga negara, membangkitkan sikap kritis terhadap lingkungan dan penegakan hukum, serta meningkatkan partisipasi dalam perumusan kebijakan publik.

Baca Juga :  Wow, Ada Tuyul Bawa Uang Puluhan Juta Di Pawai Desa Daramista

“Para pemuda, khususnya pemuda Muhammadiyah harus bisa memberikan perubahan kearah yang lebih baik untuk bangsa ini, dimanapun dan kapanpun,”ucap Annisa.

Masih kata putri Ketua BPK RI ini menyebutkan, generasi muda selalu memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam perkembangan suatu bangsa dan negara karena mereka adalah kelompok sosial yang menentukan masa depan sebuah bangsa.

Begitu juga Indonesia. Sejarah mencatat bahwa kelompok muda memiliki keterlibatan aktif dalam berbagai sektor kehidupan masyarakat Indonesia sejak dulu hingga kini.

“Perjuangan memang tidak akan pernah sama, namun semangat pemuda madura diharapkan tidak akan pernah padam untuk membangun negeri ini menjadi lebih baik.” pungkas wanita cantik yang juga menjabat sebagai sekretaris umum yayasan Qudsiyah UNIBA madura ini. (Bam)

Komentar