Sugianto, Kolektor Ratusan Keris Kuno

Budaya263 Dilihat

SUMENEP, Seputarjatim.com- Hobi Sugianto, aparatur sipil negara ini memang unik. Selain menjadi abdi negara, Sugianto juga menjadi kolektor keris. Bukan hanya puluhan, tapi koleksi kerisnya mencapai 200-an.

“Saya hobi keris sejak 2002. Karena keris itu warisan Budaya, Madura khususnya. Sebuah keris juga saksi sejarah. Apalagi di Sumenep ini ada Keraton. Banyak warisan keris di kota ini,” terang Sugianto, di sebuah warung kopi, Senin, 22/5/2023.

20230522 171854
Foto Istimewa

Pulang bekerja, Sugianto selalu menyempatkan diri untuk bertemu sesama penghobi keris. “Ya ketemu dari warung ke warung. Kadang sampai malam bahkan. Karena di Sumenep ini belum ada pasar keris. Ini juga menyulitkan kami para kolektor,” imbuhnya.

Baca Juga :  Warga Pakondang Sumenep Sambut Bulan Suci Ramadhan dengan Gelar Tradisi 'Akosar'

Saat ini menurut Sugianto, sedang dibahas pendirian Dewan Keris. Personil inilah yang akan menjadi tim pelaksana pendirian organisasi yang kelak menaungi seluruh penghobi keris.

“Ya kami berharap, Bupati Sumenep dapat mengamini rencana teman-teman dibawah ini. Yang pasti, kami juga berharap gaung Sumenep sebagai kota keris dapat diketahui luas masyarakat Indonesia,” imbuhnya.

Baca Juga :  Perjuangan Sumenep Menjadi Kota Keris

Seperti layaknya penghobi benda kuno, Sugianto juga menyukai batu akik. “Ya karena batu akik juga memiliki nilai history. Saya ada juga ratusan batu akik,” kata Suianto sambil menunjukkan satu wadah tas berisi batu akik warna warni.

Tentang harga, keris yang dikoleksi Sugianto memiliki harga termurah 3 juta hingga puluhan juta rupiah. (Red)

 

Komentar

Post Terkait