Sukarelawan Santrine Abah Ganjar Merajut Silaturahmi Bersama Santri dan Ulama di Daerah Tapal Kuda

Nasional197 Dilihat

BONDOWOSO, seputarjatim.com – Jaringan Santrine Abah Ganjar (SAG) menjalin silaturahmi dengan para santri, puluhan ulama, dan masyarakat dari berbagai daerah di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur, Sabtu (4/2/23).

Tapal Kuda merupakan sebutan sebuah kawasan di bagian timur Provinsi Jawa Timur yang mencakupi tujuh kabupaten; Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Lumajang, Pasuruan, Situbondo, dan Probolinggo.

Momen itu dimaksudkan untuk mencari keberkahan dalam rajutan silaturahmi dan ukhuwah Islamiyyah dengan acara “Istigasah dan Doa Bersama untuk Negeri”.

Total ada 20 ulama yang hadir dalam acara yang digelar di Pondok Pesantren Al-Hidayah, Desa Jambeanom, Jambesari Darus Sholah, Kab. Bondowoso, Jawa Timur.

Baca Juga :  Peringati Isra Mi'raj GGN Jawa Timur Berbagi Kebaikan dengan Pondok Pesantren dan Masyarakat
IMG 20230205 WA0004
Foto Istimewa

Mereka melantunkan zikir seraya mengucap doa kepada sang Khalik. Mereka mendoakan Indonesia agar lebih maju, sejahtera, terhindar dari perpecahan, dan tetap bersatu dalam kebhinekaan.

“Alhamdulillah pada hari ini kami bisa silaturahmi sowan ke para ulama di wilayah Tapal Kuda yang meliputi dari Kabupaten Jember, Probolinggo, Bondowoso, Banyuwangi, dan Situbondo,” ucap Ketua Umum SAG, Gus Imam Sajaroh di lokasi.

Gus Jaroh sapaannya menyebut, SAG sebagai wadah perkumpulan para santri, dan alumni pondok pesantren akan terus melakukan kegiatan-kegiatan positif lainnya, salah satunya silaturahmi dan doa bersama seperti saat ini.

“Tentunya kami dari SAG ingin menjadi orang yang bermanfaat untuk sesama. Karena sabda Rasullullah SAW sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Makanya SAG tentu harus lebih bermanfaat bagi orang lain,” jelas Gus Jaroh.

Baca Juga :  Ganjar Creasi Adakan Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Fermentasi di Kabupaten Malang

Dalam acara tersebut SAG juga memberikan sembako seperti mi, minyak, gula, dan teh kepada masyarakat setempat dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat kurang mampu.

Ustaz Syaiful (47) salah satu ulama asal Situbondo mengakui bahwa silaturrahmi merupakan kegiatan yang memiliki banyak keutamaan.

Dia berharap, apa yang dicita-citakan santri, ulama, dan masyarakat dapat terwujud melalui silaturahmi yang diselenggarakan oleh sukarelawan pendukung Ganjar tersebut.

“Insyaallah dengan adanya silaturahmi ini semua harapan yang diinginkan bisa segera terwujud,” kata Ustaz Syaiful Umam. (her/red)

Komentar