Anak-anak, Ayo Bermain ke Puskesmas Bluto!

Kesehatan110 Dilihat

SUMENEP, seputarjatim.com Tidak banyak gedung Puskesmas di Jawa Timur yang memiliki playground atau sarana bermain bagi anak. Perhatian akan pentingnya sarana yang dapat memanjakan ekspresi anak tersebut masih sangat minim. Kondisi inilah yang menggugah petugas kesehatan di Puskesmas Bluto membangun dan menyediakan playground di tengah areal Puskesmas. Tak ayal, setiap harinya lokasi ini ramai didatangi anak-anak.

Siti Hairiyah, Kepala Puskesmas Bluto menuturkan, pembuatan playground menjadi bagian dari visi Puskesmas yang dipimpinnya. Tidak hanya dalam hal layanan kesehatan semata, Puskesmas Bluto menurutnya juga berupaya untuk memberikan “nuansa gembira” di tengah-tengah Puskesmas.

“Tempat bermain ini, memang kita sediakan untuk anak-anak supaya tidak jenuh. Jadi mereka bisa singgah dan bermain disini dengan anak-anak yang lain, ” ucap Yayak, sapaan karib Siti Hairiyah.

DSC00639
Petugas sedang menyiapkan mainan di Playground Puskesmas Bluto. (Farin/ SJ foto)

Pasien anak menurut Yayak juga berbeda dengan pasien dewasa atau orang tua. Faktor kesembuhan pasien anak terkadang juga dipengaruhi oleh kondisi psikis anak yang harus senang dan bahagia. Untuk itulah menurut Yayak, playground di Puskesmas Bluto dibangun.

Yayak menuturkan bahwa Puskesmas Bluto telah mengantongi predikat Puskesmas ramah anak, dan telah disurvei oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Untuk menjamin kenyamanan pengunjung, pihak Puskesmas bahkan menyiagakan petugas khusus untuk menjaga areal bermain itu.

Baca Juga :  Kapolres Sumenep tetapkan Tiga tersangka baru Gedung Dinkes, Dua Pejabat Lolos Jeratan Hukum?

“Tempat ini cukup menyenangkan dan mainannya juga cukup bervariasi,” terang Fatima, salah seorang warga, saat melihat koleksi mainan yang ada didalam playground.

Desain pembuatan playground di Puskesmas Bluto ini memang terbilang unik. Playground berada disamping kolam ikan dan depot jamu Puskesmas. Tanaman hias juga memenuhi areal sekeliling taman bermain tersebut. (Far/red)

Komentar