oleh

Dinkes Pacitan: 957 Pasien Terjangkit Hepatitis A

Pacitan, seputarjatim.com Penderita Hepatitis A di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, mendekati angka 1000 orang. Sesuai data yang dirilis Dinas Kesehatan setempat, hingga minggu (31/06/2019) sudah ada 957 pasien yang terjangkit penyakit kuning itu.

Diperkirakan jumlah pasien akan terus bertambah mengingat saat ini belum masuk  masa klinis inkubasi atau puncak penyebaran virus.

“Kami perkirakan akan terus bertambah karean belum masuk puncak penyebaran atau masa klinis inkubasi. Rata rata inkubasinya sekitar 30 hari,” terang Eko Budiono, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan.

Sebelumnya Pemkab Pacitan telah menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) penyebaran Hepatitis A, pada 25 Juni 2019 lalu. Saat ini hampir seluruh tempat pelayanan kesehatan baik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan Puskesmas mengalami overload pasien. Sebagian pasien bahkan harus dirawat di lorong-lorong puskesmas.

Sebagai langkah pencegahan, Dinas Kesehatan setempat juga telah membagikan secara gratis, kaporit, antiseptik, dan pembersih lantai kepada warga. Dinkes juga menghimbau warga untuk senantiasa menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar. (hdr/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *