Nasional

Keren, Desa Pagar Batu Menjadi Satu-Satunya Desa Di Sumenep Yang Dinobatkan Sebagai Kampung Perikanan Budidaya Oleh KKP

462
×

Keren, Desa Pagar Batu Menjadi Satu-Satunya Desa Di Sumenep Yang Dinobatkan Sebagai Kampung Perikanan Budidaya Oleh KKP

Sebarkan artikel ini
Foto: Imam Daud Kepala Desa Pagar Batu mendampingi utusan KKP saat meresmikan desanya menjadi Kampung perkanan budidaya
Foto: Imam Daud Kepala Desa Pagar Batu mendampingi utusan KKP saat meresmikan desanya menjadi Kampung perkanan budidaya

SUMENEP, seputarjatim.com–Menjadi sentra budidaya rumput laut, Desa Pagar Batu, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Madura diresmikan menjadi Kampung Perikanan Budidaya oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Kamis (24 -03-2022)

Hal tersebut menjadi salah satu upaya atau program yang di usung oleh KKP untuk mengembangkan salah satu komoditas unggulan subsektor perikanan budidaya, salah satunya dibidang budidaya rumput laut.

Misab Asdari, penanggung jawab kampung Budidaya Rumput laut dari Kementerian Kelautan dan Perikanan mengatakan bahwa, hari ini Desa Pagar Batu resmi ditetapkan menjadi kampung budidaya rumput laut yang telah ditetapkan oleh KKP.

Dinobatkannya Desa Pagar Batu sebagai Kampung Perikanan Budidaya akan memiliki banyak dampak positif, diantaranya akan banyak prasarana dari pemerintah khususnya dari pihak KKP untuk membantu meningkatkan produktifitas hasil perikanan budidaya khususnya bidang rumput laut.

Baca Juga :  Tedjo Pranoto Admojo Ultah ke-55, Sinar Baru Sumenep Gelar Syukuran dan Potong Tumpeng

“Sementara untuk saat ini ada 7 Pokdakan di Desa Pagar Batu yang sudah terverifikasi oleh KKP, dan untuk selanjutnya akan diberikan bantuan sarana dan prasarana guna menunjang budidaya rumput laut,” Jelasnya.

Pihaknya berharap dengan ditetapkannya Desa Pagar Batu menjadi sentra Kampung Perikanan Budidaya oleh KKP, produksi rumput laut makin bagus, semakin besar, makin sejahtera,sehingga kemudian rumput laut nantinya termasuk salah satu dalam komoditas ekspor unggulan Indonesia.

“Saya ucapkan banyak Terima kasih khususnya kepada kepala Desa Pagar Batu yang sudah mendukung kegiatan ini dan welcome kepada kita, ini bukti nyata riil untuk mendukung berkembangnya budidaya rumput laut di desa Pagar Batu,” Pungkasnya.

Sementara itu, Imam Daud Kepala Desa Pagar Batu mengucapkan banyak Terima kasih kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan karena desanya menjadi satu-satunya desa di Kabupaten ujung timur pulau Madura yang ditetapkan menjadi Kampung Perikanan Budidaya Oleh KKP.

Baca Juga :  Kasus Direkayasa, Istri Terlapor Kasus Dugaan Pelecehan Bank Plat Merah Angkat Bicara

“Dengan ditetapkanya Desa Pagar Batu menjadi sentra Kampung Perikanan Budidaya bidang rumput laut Oleh KKP ini menjadi penyemangat tersendiri bagi kami selaku pemerintah Desa Pagar batu,” Ucapnya.

Pihaknya berjanji, nantinya Pemdes Pagar Batu akan mengakomodir semua pokdakan-pokdakan yang masih belum terverifikasi dan belum tersentuh bantuan baik itu dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

“Masyarakat Desa Pagar Batu mayoritas bertani rumput laut, ini menjadi komitmen kami selaku pemdes Pagar batu akan mengakomodir itu semua agar nantinya semua pokdakan bisa merasakan bantuan yang dikucurkan oleh pemerintah,” Pungkas Dadang sapaan akrab Kades Pagar Batu ini. (Bam)

Tinggalkan Balasan