oleh

Peringatan Hari Pers, AJS Sampang Ziarah Makam Wartawan

SAMPANG, seputarjatim.com- Peringati Hari Pers Nasional (HPN) ke-74 tahun 2020, sejumlah wartawan yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Sampang (AJS) melakukan kegiatan sosial edukasi untuk mengingat jasa-jasa para kuli tinta di daerah Sampang, Madura, Jawa Timur.

Salah satu kegiatan yang dilakukan AJS diantaranya ziarah kubur serta tahlil bersama untuk mendiang mantan jurnalis Metro TV, alm Agus Surachman di pemakaman umum Madegan, Kelurahan Polagan sekaligus menyambangi dan melakukan santunan ke rumah istrinya.

Tidak hanya itu, di HPN 2020 tersebut AJS juga melakukan santunan sosial edukasi ke rumah Hairudin Sastra mantan Jurnalis RRI dan majalah Dinamika serta ke rumah Yanti mantan jurnalis Radio Suara Sampang.

Wakil Ketua Tanfidziyah PCNU Sampang KH Mujahidin Abdul Rozaq usai melakukan tahlil bersama di makam mendiang Agus Surachman mengaku sangat mendukung atas kegiatan yang dilakukan para kuli tinta yang tergabung dalam naungan AJS ini. Ada dua pesan yang disampaikan terhadap kegiatan tersebut yakni menjadi salah satu Sunnah Rasul guna mendoakan bagi yang meninggal serta agar mengingatkan dan menjadikan peringatan bagi yang hidup bahwa kelak akan mengalami nasib sama soal kematian.

“Saya sangat mendukung sekali terhadap kegiatan teman-teman AJS terutama dalam HPN 2020 ini agar teman-teman AJS selalu bersyukur serta terus menjalin komunikasi baik untuk yang hidup maupun bagi yang sudah meninggal, karena bagi yang meninggal masih butuh bantuan doa dari kita. Mungkin ada doa yang mustajabah yang diterima Allah SWT guna meringankan beban dosa-dosa alm Agus Surachman selama masa hidupnya,” ujarnya usai ziarah kubur sekaligus tahlil bersama, Minggu, 9 Februari 2020.

Di tempat yang sama, Ketua Umum AJS Kamaludin Harun menyampaikan acara ziarah kubur merupakan acara untuk memperingati HPN ke-74 serta menjadikan tradisi di saat perayaan HPN berikutnya untuk tetap bersilaturahmi dengan para kuli tinta senior.

“Kegiatan ziarah kubur ini sebenarnya sudah rutin kami lakukan setiap tahunnya di HPN. Tapi yang terpenting, dengan ziarah kubur ini, teman-teman jurnalis mendoakan dan agar ingat dalam menjalankan kejurnalistikannya diniatka ibadah karena pada suatu saat ini kita pun sama akan mengalami kematian,” ungkapnya.

Selain ziarah kubur, Kamal menyampaikan masih akan melakukan rentetan HPN lainnya yakni melakukan kegiatan sosial edukasi, dalam hal ini untuk menimba ilmu terhadap para senior jurnalistik di Sampang.

“Tujuan kegiatan kami, selain silaturahmi juga menimba ilmu kepada para senior dalam kejurnalistikan serta tetap berbagi tehadap sesama kuli tinta,” pungkas Kamal. (fa/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *