Polisi akan tindak tegas knalpot brong dan konvoi malam tahun baru

Nasional105 Dilihat

SURABAYA, seputarjatim.com- Jelang malam tahun baru nantinya Jajaran Satlantas Polrestabes Surabaya akan menindaklanjuti surat edaran (SE) dari Walikota Surabaya Eri Cahyadi terkait larangan konvoi juga penggunaan knalpot brong dalam malam Tahun baru 2023.

Wakasat Lantas Polrestabes Surabaya Kompol Randy mewakili Kasat Lantas Kompol Arif menyatakan, Polrestabes Surabaya sudah menyiapkan pengamanan malam tahun baru baik yang dari luar kota hendak masuk ke Surabaya maupun ke pusat kota Surabaya sendiri.

Ada beberapa penyekatan, pengalihan arus lalu lintas sudah disiapkan petugas yang berjumlah 2400 lebih personil keseluruhan.

Malam pergantian tahun, petugas melarang penggunaan kembang api, konvoi juga kendaraan berknalpot brong atau tidak standard. Nantinya Jika masih ada pengendara yang mokong menggunakan kendaraan knalpot brong akan dilakukan tindak tegas terukur dengan tilang elektronik.

“Kita juga akan melaksanakan peneguran secara simpatik. Kendaraan tersebut akan kita amankan yang betul-betul membandel dan tidak mengikuti aturan petugas untuk dikandangkan. Nantinya, setelah tahun baru mereka baru bisa mengambil kendaraan tersebut dengan menunjukkan surat-surat bukti sah maupun mengganti dengan knalpot standard,” jelas Kompol Randy, Kamis (29/12/2022).

Baca Juga :  Tebar Manfaat ke Ponpes di Lamongan, Kyai Muda Pendukung Ganjar Bagikan Pengeras Suara hingga Karpet

Lanjut Rendy, dari ribuan petugas itu gabungan dari, TNI, Polri, Satpol PP Brimob serta stakeholder di Kota Surabaya untuk melaksanakan kegiatan pengamanan malam tahun baru.

“Sekali lagi, sesuai edaran dari Bapak walikota Surabaya, bahwa untuk pesta tahun baru tidak ada pesta kembang api juga trek-trekan atau knalpot brong,” imbuh Kompol Randy.

Jika warga kota atau luar kota yang sudah memesan tempat atau mau berlibur ke Surabaya diharapkan masuk Kota sebelum pukul 21.00 wib, sebab setelah itu akan ada penutupan jalan.

Petugas sudah menyiapkan penggalian arus juga penyekatan di tempat yang biasa dijadikan tempat masyarakat berkumpul maupun pesta kembang api seperti Jalan Darmo, Tunjungan, Basuki Rahmat dan beberapa titik jalan protokol lainnya di Surabaya.

Batas kota yang masuk dari Waru,Sidoarjo, Gresik, Bangkalan maupun Tanjung Perak sudah disiapkan pola-pola pengalihan arus lalu lintas sesuai arahan rapat koordinasi di Mapolda Jatim.

Baca Juga :  Pecatan Dinas Perhubungan Laut Ditangkap Lakukan Penipuan

Titik- titik penyekatan di Surabaya saat pergantian Tahun 2022-20223 diantaranya :

Lapis pertama:
– Bundaran waru depan Cito.
– Brebek Industri.
– Giant Pondok Candra.
– Jembatan Baru Karang Pilang.
– Mer Gunung Anyar.
– Lakarsantri-Menganti Romokalisari.
– Menganti-Benowo.
– Simpang 3 Indrapura-Rajawali.
– Rajawali-JMP.
– Simpang 4 Dupak-Demak.
– Simpang 4 Kedung Cowek-Kenjeran.

Lapis kedua:
– Bundaran Dolog (taman pelangi).
– Flyover Mayangkara.
– Kebun Binatang Surabaya.
– Traffic light simpang empat Jalan Pandigeling-Urip Sumoharjo.
– Flyover Pasar Kembang.
– Polisi Istimewa.
– Tembaan-Bubutan.
– Pahlawan-Tembaan.
– Kawasan Lenmarc.
– Simpang tiga Jalan Mastrip-Wiyung.

Lapis ketiga:
– Depan Hotel Bumi.
– Depan Tunjungan Plaza.
– Depa BG Junction.
– Depan PTC Surabaya.
– Jalan Tunjungan.
– Jalan Raya Darmo.
– Jalan Kertajaya.
– Jalan Merr, Ir Soekarno.
– Jalan Pemuda. (her/red)

Komentar