Puskesmas Dasuk Pastikan Masyarakat Dapat Nikmati Program Bupati Melalui UHC 

SUMENEP, SEPUTARJATIM – Puskesmas Dasuk, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terus memperluas jaminan kesehatan melalui program bupati yaitu Universal Health Coverage (UHC) kepada seluruh masyarakat.

Kepala Puskesmas Dasuk, Titik Nurhayati menyampaikan, bahwa program bupati telah memberikan dampak positif kepada masyarakat dalam mengurangi kesenjangan akses layanan kesehatan.

“Selain Pusling program unggulan Bupati Sumenep itu juga ada Universal Health Coverage (UHC). Untuk masyarakat yang KTP Sumenep itu pasti terjamin kesehatannya,” katanya, Senin (27/5/24).

Baca Juga :  Siap Tarung di Pilkada 2024, Kiyai Unais Resmi Daftar Cabup ke DPC Partai Demokrat Sumenep

Salah satu upaya yang dilakukan, kata dia, yang pertama itu adalah pendataan, sebab database kepesertaan di Dasuk, masih belum semuanya tercover UHC.

“Jadi kami langsung menindak lanjuti bersama dengan koordinator program ISBK saat itu. Hal ini untuk menjalankan bersama dengan bidan dan perawat yang ada di wilayah kerja Puskesmas yang ada di jaringan untuk mendata kembali,” jelasnya.

Untuk itu, ia bersurat terlebih dahulu kepada kepala desa untuk dapat melihat database kependudukan di desa. Namun, ternyata tidak semua terdaftar menjadi kepesertaan BPJS.

Maka dengan implementasi UHC, ia berharap akses kesehatan bisa merata dan berkualitas, sehingga meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas bagi masyarakat.

Baca Juga :  Bentuk Karakter Anak-anak, Disdik Sumenep Bakal Gelar Festival 'Tan Pangantanan'

“Sehingga kami melakukan kerjasama dulu dengan Kepala Desa, dan Alhamdulillah berhasil untuk beberapa orang yang belum mendaftar anggota UHC sudah tercover semuanya. Dan dapat memastikan akhir bulan Juni dapat Tercover 100 persen,” harapnya. (EM)

*

Komentar