Sukses Gelar Kontes Ikan Predator Nan Eksotis, Bupati Sumenep Apresiasi Pemdes Torbang

BUDAYA93 Dilihat

SUMENEP, seputarjatim.com–Kontes Ikan Predator Air Sungai Nan Eksotis
Atau yang biasa disebut ikan Channa mulai ramai diadakan di berbagai daerah di indonesia, tak terkecuali di Sumenep, Madura, Jawa Timur. Kontes ikan Channa ini menjadi sarana berkumpulnya para pecinta ikan yang populer dikatakan ikan gabus tersebut.

Pantauan media dilokasi, acara yang digelar dari tanggal 15 hingga 17 April 2022 ini diikuti oleh pemilik ikan Channa dari berbagai daerah di indonesia.

Mereka mendaftarkan ikan kesayangan mereka untuk mengikuti kontes ikan channa yang diselenggarakan di Balai Desa Torbang, Kecamatan Batuan yang bekerja sama dengan MIFADA Predator Fish-Sumenep Channa Contest LATBER#1.

Bupati Sumenep, Lora Fauzi yang hadir dalam acara tersebut mengapresiasi atas terselenggaranya kontes ikan gabus hias yang dimotori oleh pemerintahan desa torbang tersebut.

“Saya apresiasi contes ikan chana ini, meskipun terbilang baru di Sumenep, paling tidak ini langkah awal untuk mempromosikan ikan cantik ini, sehingga dengan di contest seperti ini harga pasarnya otomatis ikut melambung,” Paparnya. Minggu (17-04-2022)

Politisi PDI-P ini juga mengatakan, untuk tahun ini pihaknya juga tengah mempersiapkan beberapa festival dalam rangka menarik wisatawan untuk datang berkunjung ke kabupaten yang berada di ujung pulau Madura.

“Kalau contes ikan Channa ini mau dimasukkan agenda kontes bisa saja, tinggal komunikasi saja dengan kita, pemerintah daerah pasti akan mensupport,” Pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Torbang, Muzanni di depan awank media mengatakan bahwasanya dengan diselenggarakannya contes ikan Channa tersebut disamping sebagai ajang silaturrahmi sesama ponghobi ikan, kegiatan ini merupakan bagian dari inovatif desa untuk memperkenalkan ke Publik bahwa dengan adanya kontes ini desa Torbang semakin dikenal tidak hanya tingkat lokal melainkan nasional.

“Kontes ikan channa yang digelar di Desa Torbang ini merupakan yang pertama kali di madura, alhamdulilah peserta ada sekitar 60 peserta yang hadir dari berbagai daerah,” Jelasnya.

Dirinya juga mengatakan, untuk semakin memperkenalkan ikan Channa kepada masyarakat sumenep, pihaknya tidak akan berhenti di contest ini, namun dirinya bersama pemdes torbang dan karang taruna torbang berencana akan mendirikan stand di taman adipura Sumenep.

“Insya Allah setelah lebaran kita akan dirikan stand disana setiap sore, untuk masyarakat yang kepengen tahu lebih jauh tentang ikan Channa bisa datang berkunjung ke sana,” Pungkasnya.

Sekedar untuk diketahui, Dilansir dari Wikipedia.org, channa adalah sebuah genus ikan predator dalam keluarga Channidae yang berasal dari habitat air tawar di Asia. Salah satu negara Asia yang banyak ditemukan ikan channa adalah Indonesia, yang tersebar di Kepualuan Melayu, Sumatra, Kalimantan, dan Jawa.

Ikan ini mulai naik daun dan mempunyai banyak penggemar baik di Indonesia maupun luar negeri. (Bam)

Komentar