oleh

Turun Bukit, Kawanan Monyet Rusak Tanaman Warga

Sumenep, seputarjatim.com- Warga Desa Basoka, Kecamatan Rubaru, Sumenep, Jawa Timur, diresahkan dengan munculnya ratusan monyet ekor panjang di areal perkebunan mereka, Jumat (28/06/2019). Kawanan monyet itu merusak tanaman milik warga, seperti bawang merah, jagung dan tanaman buah. Busri Thoha, salah seorang warga mengaku pada  saat musim kemarau kawanan Monyet ini seringkali turun dari puncak bukit Basoka.

“Mungkin karena persediaan makanan disana menipis, jadi monyetnya turun ke kebun penduduk untuk cari makan,” terang Busri.

Ahmadi, warga lainnya mengaku kewalahan untuk menghalau serangan monyet ekor panjang tersebut. Menurutnya banyak warga yang terpaksa harus berjaga dan mendirikan pos pantau di sekitar lahan mereka. “Kalau monyetnya datang, kita takut-takuti dengan lemparan batu,” katanya.

Serangan monyet ekor panjang di perkebunan Desa Basoka ini tidak terjadi sekali ini saja. Di tahun 2017 silam serangan yang sama juga terjadi dan mengakibatkan kerusakan lahan yang signifikan. Saat itu, Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Disperta) Kabupaten Sumenep bahkan menetapkan status serangan monyet  ini sebagai kejadian luar biasa. (nn/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *