Satu-satunya di Madura, PAUD El-Fath Sumenep Terpilih Jadi Lokus Standarisasi Nasional Tingkat PAUD 2024 Wakili Jatim

Pendidikan1851 Dilihat

SUMENEP, SEPUTARJATIM – PAUD El-Fath Sumenep, Madura, terpilih menjadi Lokus Standarisasi Nasional Tingkat PAUD Tahun 2024, mewakili Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Direktur PAUD H.I El-Fath, Nurul Hayati menyampaikan, semua program yang dijalankan PAUD El-Fath itu berbijak kepada kepentingan anak.

“Program-program yang berkaitan dengan kebutuhan anak itu menjadi konsentrasi pendidikan El-Fath, yang tercantum pada enam kebutuhan dasar itu. Itu konsep PAUD H.I” ucapnya, Sabtu (26/4/2024).

Baca Juga :  Peringati Hari Bumi, DLH Sumenep Tanam Ratusan Bibit Tanaman Diberbagai Titik

Menurutnya, sejauh ini pihaknya selalu menggandeng lintas sektor. Sebab, pihaknya lebih proaktif dan tidak menunggu orang lain.

“Justru, kami menawarkan konsep kepada orang lain, yang berkaitan dengan program itu. Misalnya program belajar membatik, jadi kita menggandeng Batik Canteng Koneng, dan dengan pihak-pihak yang lain” ujarnya.

“Terus misalnya, dengan Dinas Pendidikan, itu kan pasti ya, karena itu induk kita, yang berkaitan dengan program-program project, misalnya tentang tanaman, maka kita mengundang narasumber dari Dinas Pertanian. Dan kepada petani lainnya, seperti menanam timun,” jelasnya.

Sehingga, kata dia, dengan menggandeng lintas sektor itu, maka pendidikan tidak hanya menjadi tanggungjawab pihak sekolah saja, tetapi lingkungan juga punya konstitusi.

Baca Juga :  Siap Antar Pasien Sembuh, Bank BPRS Bhakti Sumekar Beri Bantuan Mobil Sehat kepada RSUD dr Moh Anwar Demi Wujudkan Program Bupati Sumenep

Maka dengan hal itu, lanjut dia menjelaskan, bahwa sudah menjadi kesiapan PAUD El-Fath dengan terpilihnya di tingkat nasional.

Dengan membuat anak didik merasa nyaman dan aman di sekolah, karena kebutuhannya sudah terpenuhi.

“Jadi kita konsisten untuk berjalan, kemudian administrasi kita semuanya penuhi, seperti SK sekolah ramah anak dari Dinas Pendidikan, sertifkat dan lainnya,” tandasnya.

“Setidaknya kita mendukung dengan program Bupati Sumenep, yaitu Kota Layak Anak. Semoga dengan adanya standardisasi ini PAUD El-Fath menjadi lebih baik lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pedidikan Sumenep Agus Dwi Saputra, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal, Lisa Bertha Soetedjo, mengaku sangat mendukung penuh program yang dilakuka PAUD El-Fath.

Baca Juga :  Apabila Terbukti Prabowo-Gibran Tak Penuhi Syarat Adminitrasi, Seharusnya Perolehan Suara Dianggap Batal

Untuk itu, kata dia, kedepannya pihaknya akan terus melakukan pendampingan kepada PAUD El-Fath.

“Jadi Kami bersama dari Dinsos P3A Sumenep akan terus melakukan pemdampingan. Semoga kedepannya lembaga pendidikan PAUD El-Fath terus lebih baik dan lebih maju lagi,” harapnya. (EM)

*

Komentar