oleh

Ribuan Santri Tebuireng Gelar Shalat Istisqa’

JOMBANG, seputarjatim.com Musim kemarau berkepanjangan membuat sejumlah wilayah di Indonesia alami kekeringan. Musim kemarau juga menyebabkan terjadinya musibah kebakaran hutan dan lahan di beberapa wilayah Indonesia, seperti di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Atas alasan inilah, ribuan santri Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, menggelar sholat istisqa’ (sholat minta turun hujan), Senin, 30/09/2019.

Shalat Istisqa’ digelar di halaman Kampus Universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY), dan dipimpin oleh KH. Masduqi Al Hafid, Pengasuh Pesantren Tahfidz. Rangkaian Shalat Istisqa’ diawali dengan pengarahan singkat tentang keutamaan shalat minta hujan ini. Para santri kemudian langsung menggelar Shalat Istisqa’ sebanyak dua rakaat dan dilanjutkan dengan khutbah.

Suasana Shalat Istisqa’ yang digelar santri Ponpes Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. (Mufid/SJ Foto)

“Melihat keadaan bangsa ini banyak yang membutuhkan air, yang kedua kita juga dilanda kabut asap. Kita ikut prihatin dengan apa yang melanda bangsa ini. Yang ketiga adalah pembelajaran untuk santri dari apa yang mereka pelajari di pesantren,” terang Ustad Iskandar, Kepala Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang.

Shalat Istisqa ini diikuti sekitar 5000 jamaah, yang terdiri dari santri, dosen, guru dan juga masyarakat sekitar. Dengan digelarnya Shalat Istisqa’ ini diharapkan akan segera turun hujan, terutama di daerah yang berstatus kering kritis. (muf/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *