Meriahkan Bulan Juni, IWO Sumenep Bakal Gelar Lomba Baca Puisi Karya Bung Karno dan Pidato pada 29 Juni 2024

Pendidikan34 Dilihat

SUMENEP, Seputar Jatim – Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (PD IWO) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan kembali menggelar lomba baca puisi karya Presiden Pertama Republik Indonesia Ir Soekarno, pada tanggal 29 Juni 2024 mendatang.

Tidak hanya baca puisi, lomba pidato ala Bung Karno juga bakal digelar untuk memeriahkan Kalender Event Sumenep 2024, di Bulan Juni atau dikenal dengan Bulan Bung Karno.

Ketua IWO Sumenep, Imam Mustain R mengatakan, bahwa acara ini bertujuan untuk menghidupkan kembali semangat juang dan nasionalisme di kalangan siswa maupun mahasiswa bahkan masyarakat Sumenep, terutama generasi muda.

Lain daripada itu juga, kata dia, untuk membangun Kabupaten Sumenep lebih maju, serta menonjolkan aksi kepedulian terhadap hari lahir Bung Karno.

“Kami ingin mengajak masyarakat Sumenep Khususnya para Kaula Muda untuk lebih mengenal dan menghargai perjuangan Bung Karno melalui seni dan literasi. Bung Karno bukan hanya seorang pemimpin, tetapi juga seorang orator ulung dan sastrawan yang karya-karyanya patut kita apresiasi,” katanya, Selasa (11/6/2024).

Baca Juga :  Disbudporapar Sumenep Tunggu Tema dari Bupati untuk Sayembara Logo Hari Jadi Kabupaten Sumenep Ke-756

Lanjut ia membeberkan, bahwa Pengurus Daerah IWO Sumenep bukan cuma akan menggelar momba Baca Puisi Karya Si Bung, namun jug akan menggelar Lomba Pidato Ala Bung Karno.

“Jadi selain lomba Baca Puisi Karya Si Bung, kami PD IWO Sumenep juga bakal menggelar lomba Pidato Ala Bung Karno,” bebernya.

“Melalui lomba baca puisi dan pidato ini, kami berharap masyarakat Sumenep, terutama generasi muda, dapat lebih mengenal dan memahami nilai-nilai perjuangan yang telah diperjuangkan oleh Bung Karno,” imbuhnya.

Maka dengan adanya kegiatan ini, ia berharap semangat kebangsaan dan rasa cinta tanah air semakin tumbuh subur di hati masyarakat Sumenep.

Sementara itu, Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, memberikan apresiasi tinggi terhadap inisiatif  IWO Sumenep yang akan menggelar lomba baca puisi dan pidato bertema Bung Karno.

D

Baca Juga :  Sebagai Warisan Leluhur, Bupati Sumenep Komitmen untuk Lestarikan Budaya Ojung

Dengan acara ini, kata dia, sebagai upaya untuk menghidupkan kembali semangat nasionalisme dan cinta tanah air di kalangan pelajar dan masyarakat, terutama generasi muda.

“Saya sangat mengapresiasi langkah Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumenep yang menyelenggarakan lomba baca puisi dan pidato ini. Ini adalah salah satu cara yang efektif untuk mengenang dan meneruskan semangat perjuangan Bung Karno,” ujarnya.

Ia berharap, bahwa acara ini menjadi agenda tahunan yang mampu menginspirasi dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mengenang dan meneruskan perjuangan para pahlawan.

Ia berharap, melalui lomba ini, nilai-nilai kebangsaan dan semangat juang yang diwariskan oleh Bung Karno dapat terus hidup dalam setiap hati rakyat Indonesia.

Untuk diketahui, lomba ini terbuka untuk semua kalangan, mulai dari pelajar hingga masyarakat umum. Peserta akan menampilkan karya puisi yang berkisah tentang Bung Karno atau menyampaikan pidato yang pernah disampaikan oleh Sang Proklamator.

Panitia menyediakan berbagai hadiah menarik bagi para pemenang, termasuk trofi, sertifikat, dan uang pembinaan. Pendaftaran peserta sudah dibuka sejak minggu lalu dan peserta terbatas sebanyak 100 peserta.

Untuk informasi lebih lanjut, pantau terus perkembangan acara ini melalui media sosial resmi Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumenep atau bisa mengubungi WA (0819-1804-9154 & 0823-3170-O471). (EM)

*

Komentar