Pendidikan

Selama Ramadhan 1445 H, PAUD EL Fath Sumenep Gelar Beragam Kegiatan untuk Melatih Keberanian Anak

61
×

Selama Ramadhan 1445 H, PAUD EL Fath Sumenep Gelar Beragam Kegiatan untuk Melatih Keberanian Anak

Sebarkan artikel ini
IMG 20240322 WA0002 scaled
RAPI: Usai Penampilan Semarak Ramadhan oleh siswa-siswi PAUD EL Fath Sumenep

SUMENEP, SEPUTARJATIM – PAUD EL Fath Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melakukan berbagai macam kegiatan selama Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah atau 2024.

Kesiswaan PAUD EL Fath, Ratna, mengaku salah satu kegiatan rutin anak-anak selama Bulan Ramadhan, yaitu ngaji dan salat Duha bersama.

Kemudian, kata dia, ada kegitan Semarak Ramadhan yang berlansung selama 9 hari, dengan menampilkan hafalan surat-surat pendek.

“Anak-anak menampilkan hafalan surat-surat pendek, doa, hadist atau potongan ayat yang sudah kita ajarkan. Itu kita lakukan setiap hari berlansung secara bergiliran setiap kelas,” katanya, Jumat (22 Maret 2024).

Baca Juga :  Setiap Hari, Pemkab Sumenep Bagi-Bagi Takjil Gratis kepada Masyarakat selama Bulan Ramadhan

“Misalnya, hari ini TK Kelas B1, terus besok TK B2. Dan itu sudah kami sher kepada masing-masing orang tua anak, untuk pilihan-pilihan suratnya dan doanya,” sambungnya.

Lebih lanjut kesiswaan El Fath ini menuturkan, bahwa kegiatan ini selain memeriahkan bulan suci, juga bertujuan untuk melatih anak didik agar bisa berani maju kedepan dalam menghafal.

“Untuk memotivasi anak dan melatih keberniannya, kita sudah bikinkan panggung kecil di kelas. Jadi giliran yang waktunya tampil, bagi yang tampil dengan memekai baju putih, agar tidak sama dengan yang lain,” jelasnya.

Untuk anak-anak yang bukan giliran maju, menurutnya, mereka diajarkan untuk membuat kartu lebaran yang akan diberikan kepada orang tuanya.

“Terus ada juga menghias kue lebaran, dengan warna-warni, nanti kita bungkus dan akan kita kasih di hari terakhir sekolah untuk dibawa ke rumahnya,” ujarnya.

Baca Juga :  Lebaran Idul Fitri 2024, Bupati Sumenep Sediakan Mudik Gratis Jalur Darat dan Laut, Ini Titik Lokasi dan Jadwalnya

Lebih lanjut Ratna menambahkan, untuk kegiatan belajar mengajar, pihaknya memberikan pemahaman tentang seputar Ramadhan. Seperti sahur, salat tarawih hingga buka puasa.

“Kemudian, kita sediakan mini book mengenai sepeutar Ramadhan, aplikasinya anak-anak menempelkan hasil dari penjelasan terkait kegiatan selama Ramadhan,” pungkasnya. (EM)

*

Tinggalkan Balasan