Ikhtiar terbebas dari PMK, DKPP Sumenep Target Vaksin 3000 Sapi

Berita, KESEHATAN609 Dilihat

SUMENEP, seputarjatim.com–Sebagai upaya antisipasi dan pencegahan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sumenep menggelar vaksinasi hewan ternak tahap satu.

Vaksinasi PMK perdana di Kota keris ini, menyasar 100 Ekor sapi yakni Kecamatan Kota sebanyak 30 ekor, Kecamatan Gapura sebanyak 20 ekor dan Kecamatan Lenteng sebanyak 50 ekor. Senin, (27/6/2022).Senin, (27/6/2022).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sumenep, Arif Firmanto mengatakan, pihaknya telah menerima 3000 dosis vaksin dan masih berupaya untuk mendapatkan alokasi tambahan vaksin.

“Target kita pada tanggal 7 Juli 2022 atau H-2 lebaran vaksin ini selesai, sedangkan untuk zona hijau (pulau kangean dan sepudi)  akan dilaksanakan setelah hari raya Idul Adha,” Jelasnya.

Lanjut Arif, Untuk efektifitas pelaksanaan vaksin nantinya akan dilakukan penandaan sekaligus pendataan melalui EAR TAG (QRCODE) pasca vaksinasi, hal itu sangat penting untuk dilakukan pendataan kedalam sistem pendataan ternak, QR Code yang terdapat di EARTAG dapat di scan melalui mobile APPS berbasis android.

inCollage 20220627 192103668

“Riwayat vaksin akan ditampilkan dalam bentuk kartu vaksin yang berisi nomer identifikasi ternak, jenis/rumpun ternak, jenis kelamin, jenis vaksin hingga lokasi tanggal tanggal vaksin semua lengkap disitu,” Papar Arif.

Lanjut Arif, selain dari bantuan vaksin pemerintah kabupaten Sumenep akan menyiapkan obat-obatan dalam rangka upaya penanganan dan pengendalian PMK ini melalui dana BTT.

“Melalui vasinasi PMK ini diharapkan dapat membantu dan mencegah penyebarluasan PMK di kabupaten Sumenep ini, sehingga nantinya Kabupaten yang terletak di ujung timur pulau Madura ini terbebas dari PMK,” Pungkasnya.

Komentar